Sunday, September 29, 2013

Cewe dan Buku

Cewe Itu Kaya Buku

Menurut gw, cewe itu bisa diibaratkan dengan buku. Cewe itu harus dibaca moodnya, gerak-geriknya, kebiasaannya, pikirannya, dan keinginannya. Cewe agak sulit mengekspresikan apa yg ada dibenak mereka secara utuh dan terbuka, mereka akan jauh lebih senang ketika cowo mampu membaca dan mengerti apa isi dari hati mereka tanpa perlu mereka ungkapkan sendiri.

Begitu banyak buku bertebaran di perpustakaan atau di Gramedia. Kita sebagai cowo bisa pilih buku mana yg sesuai sama selera kita. Sebagian cowo memutuskan untuk ga baca sebuah buku sampai habis ketika mereka udah mulai merasa kesulitan, bingung dan bosen sama isi buku itu. Cowo lebih mending berenti baca buku yg keliatannya mereka udah hopeless bacanya karena itu bikin mereka stress. Setiap salah mengerti dalam membaca keinginan cewe, pasti bakal terjadi konflik. Jadi, ya mending cari buku lain, kan?

Tapi sebenernya ga sesimple itu bro yg jadi bahan pertimbangannya. Soalnya setiap buku itu ngasih kita pengetahuan dan insight yg berbeda-beda. Kadang walaupun kita ga ngerti-ngerti sama isi dari buku tertentu, kita malah bisa jadi tambah penasaran dan pengen ngebaca sampai habis. Dan pastinya ketika kita milih buku buat dibaca, pasti dari awal kita pilih buku itu karena menarik buat kita, kan? Entah dari covernya ataupun sinopsisnya.

Tips Buat Si "Pemilik Buku"

Yang jelas kita perlu memutuskan bener-bener buku mana yang bakal kita baca. Jangan sampai nyesel udah ngehabisin banyak waktu buat baca buku tapi ujung-ujungnya ga suka dan cari lagi buku lain. Kalau kita ga suka sama buku yang kita baca, kita ga bisa merubah (menghapus atau menambahkan tulisan) isi sebuah buku yg udah jadi. Well kalaupun bisa, ceritanya ga bakal seoriginal yg udah dikarang si penulisnya.

Hal lain yang mestinya kita lakukan sebagai pemilik buku adalah sampulin itu buku yg rapih, supaya buku itu ga kotor kena debu, atau basah kena air. Jangan sampai buku itu robek. Makannya kalau pas lagi baca buku, balik halamannya pelan-pelan.

Supaya lebih gampang ngertiin isi dari sebuah buku, ambil stabilo. Garisin kata-kata yang penting dan krusial. Karena begitu kita udah nguasain inti dari buku itu, kita bisa lebih PeDe bawa buku itu kemana-mana buat cerita ke orang-orang sejauh mana kita ngerti isi buku itu.



Baca "Buku"

Saat ini gw lagi ngebaca satu buku yang ngajarin gw apa artinya "ketulusan". Cara ngajar buku ini unik, karena gw harus learning by doing, ada panduan prakteknya. Buku ini memaksa gw buat ngertiin arti "ketulusan" bukan dari teori aja, tapi praktek juga. Disamping itu, buku ini penuh sama yang namanya teka-teki buat dipecahin sendiri. Jadi ketika gw baca buku ini, gw dipaksa mikir banget sampe mentok. Buku ini bukan semacam komik ringan yang bisa dibaca tanpa diselamin dalem-dalem.

Gw udah beberapa kali hampir nyerah karena isinya ga gampang buat dingertiin. Ketika gw udah frustasi banget sama ini buku, gw memutuskan untuk ga baca buku ini dulu selama beberapa waktu. Dan setiap gw mulai lagi baca buku ini, ada baiknya gw baca dari bab 1 lagi pelan-pelan. Emang butuh extra effort. Tapi gw yakin kalau gw bisa baca buku ini sampai habis gw bakal bisa menguasai apa itu "ketulusan" baik secara teori maupun praktek.

Dulu gw sempet jadi pemilik buku ini. Gw bebas baca buku ini kapanpun dimanapun. Di kampus, di mol, di restoran, di kafe, di rumah, dimana-mana. Tapi sekarang udah ga lagi. Buku ini cuma bisa gw baca di toko buku aja. Nanti kalau gw udah layak jadi pemilik buku itu, pasti bakal gw beli balik. (Berharap buku itu ga dibeli orang lain duluan)

Cheers!

No comments:

Post a Comment